Skema Rangkaian Robot Sensor Infra Merah Bag-3

Alhamdulillah... Akhirnya selesai juga membuat robot dengan sensor infra merahnya.
Maaf nih sobat, agak lama pembuatan robotnya. Soalnya banyak error saat praktek offlinenya. Tapi dengan itu semua akhirnya rangkaian yang dibuat malah jadi lebih sempurna. Ciyeee....

Seperti pada postingan saya terdahulu tentang membuat robot sederhana dengan sensor infra merah, pada postingan ini saya masukkan detail rangkaian sensor infra merah-nya yang telah teruji dengan trial and error-nya. Hehe...

Meskipun robot ini belum memakai prosesor sebagai pengendalinya, robot ini masih bisa bergerak dengan rangkaian sederhana seperti ini tanpa menabrak penghalang di depannya. Lucu banget deh saat melihat robot ini berjalan. Wuihh... Seruuu...!!! Coba nanti lihat videonya (Nunggu upload dulu ya).

Oya sobat, Robot infra merah ini juga biasa disebut robot dengan sensor jarak atau halangan. Itu karena robot ini berjalan dengan mendeteksi penghalang yang ada di depannya. Saat ada penghalang maka robot ini akan berbelok atau mundur ke belakang. Mengapa?! Karena rangkaian sensor infra merah di dalamnya difungsikan untuk mengubah arah putaran roda robot sederhana tersebut.

Pada robot ini terdapat dua bagian utama dalam rangkaian elektroniknya. Bagian pertama rangkaian pemancar (Transmitter) dan bagian kedua penerima (Receiver) Infra Merah.

Bagian transmitternya sendiri terdiri dari rangkaian frekwensi pembawa U1(carrier) dan rangkaian frekwensi modulasi U2. Yang saya border hijau adalah bagian oscillator frekwensi audio 5Khz sebagai sinyal modulasi. Yang border merah adalah rangkaian oscillator sinyal pembawa/carrier 38Khz


Infra Red Transmitter
Rangkaian receiver
Untuk rangkaian penerima/receivernya buat 2 buah rangkaian receivernya (border coklat) untuk kanan dan kiri.

Ceritanya begini lho sobat…,
Saat saya membuat rangkaian sensor infra merah dengan rangkaian yang lama ternyata banyak sekali gangguannya. Fungsi rangkain mudah terganggu dengan cahaya matahari, terutama dengan intensitas kuat. Akhirnya rangkaian tidak bisa bekerja dengan normal seperti yang saya inginkan.

Nah, itulah fungsinya perpaduan sinyal 38Khz dan 5Khz di sini. Dengan menggunakan metode modulasi frekwensi seperti itu maka gangguan dari pengaruh cahaya luar bisa dihindari. Meskipun rangkaian ini masih bisa terganggu dengan sinyal remote Infra Merah yang bekerja di 38Khz.

Satu hal lagi, di pasaran elektronik Indonesia khususnya dan di dunia pada umumnya.. (hehe… )modul penerima Infra Merah yang paling mudah dicari adalah yang menggunakan 38Khz sebagai frekwensi kerjanya. Jadi kita sendiri yang harus menyesuaikan rangkaian yang kita buat dengan frekwensi tersebut. Mudah kok! Tinggal menghitung harga resonansi IC NE555 saja.
Pada rangkaian ini frekwensi 38Khz diatur dengan tunning Variabel Resistor (VR) 10K. Di sini saya memakai model Trimmer Potensio (Trimpot).

Eh.. Sobat harus hati-hati saat memasang antara modul sensor dengan LED Infra merahnya. Atur posisi keduanya sedemikian rupa agar cahaya yang diterima oleh modul sensornya bagus. Saya membungkus LED infra merah dengan pipa logam kecil agar cahaya LEDnya bisa terarah. Karena modulnya sendiri memang kita seting hanya boleh menerima sinyal Infra merah dari hasil pantulan objek di depannya. Kalau tidak gitu ya namanya bukan sensor jarak dong...

Relay… Di sini saya pakai model mini relay double Switch 9V (Apalagi tuh!? Kayaknya ga pernah denger deh..??!). Emang saya kasih nama sendiri kok...! Hehe.., Habis yang jual aja ga tahu tu namanya relay apaan. Lhoh… Tu…!!!

Lebih baik pakai relay yang dobel saklar sobat, karena kita tidak perlu pusing membuat tegangan simetris buat suplai catudaya rangkaiannya sobat. Karena di sini kita punya 2 pilihan. Memakai relay saklar tunggal tapi harus merubah rangkaian catudaya atau memakai relay dobel saklar tanpa merubah rangkaian. Pilih mana? Kalau saya sih pilih yang kedua-duanya.. Hehe.. (Yang kedua maksudnya!) Tapi memang sebagian tempat agak susah juga mencari relay yang kedua itu lho.. apalagi yang mini.. Kayak tempat saya nih, agak susah, tapi Alhamdulillah ketemu juga.

Oke! Sampai di sini dulu ya sobat..
Semoga bermanfaat, Salam hangat saya.
Lanjutan:
Pencarian Google:
Skema rangkaian elektronika sederhana | Rangkaian robot sederhana | Artikel rangkaian robot sederhana | Cara merakit robot sederhana | Belajar bikin robot | Makalah rangkaian robot sederhana | Rangkaian robot sederhana terbaru

Terkait tentang Elektronik :

2 komentar:

YU-u said...

Wah siippp, berhasill..!!

ifrpan said...

itu mini rilay nya yg mana ya ?
bisa di perjelas gak.
dan juga tentang infrafednya itu benar atau enggak?

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls