Simple Infra Red Robot (Video) Bag-2

Hai sobat! Menyambung praktek saya dahulu tentang Simple Infra Red Robot, karena tidak sempat meluangkan banyak waktu untuk menulis dan prosesnya belum selesai, saya poskan video pengujiannya dulu saja.

  • Video pertama uji coba sensor infra merah sederhana. Komponen aktifnya hanya memakai transistor (BC547).
 

  •  Uji coba kedua memakai IC NE555. Komponen aktifnya saya ganti dengan IC karena lebih praktis dan sensitifitasnya tinggi.
 

  •  Yang ketiga ini saya kombinasikan dengan sistim modulasi frekwensi pada pemancar Infra Red-nya. Karena modul sensor penerima utamanya (SM3386) sudah di-set oleh pabriknya dengan filter frekwensi 38Khz. Jadi pemancarnya juga harus menyesuaikan dengan frekwensi tersebut.


  • Pengujian ke-empat dan kelima. Modul lengkap rangkaian sensor transceiver Infra Merah pada PCB lubang. Total jumlah IC NE555 yang digunakan menjadi 4 biji. Untuk Pemancarnya: oscilator carrier 38Khz 1 biji, oscilator modulasi (~5Khz) 1 biji. Penerimanya: kanan 1 biji dan kiri 1 biji.
 
 

  • Pengujian ke-6 dilakukan setelah instalasi komponen dirapikan.

                                                                     Selesai! 


Nantinya akan dilanjutkan ketahap pemasangan mekanik  Robot Infra Merahnya. Ditunggu ya!
Selamat berkreasi dan semoga bermanfaat.

Salam hangat dari saya,

Terkait tentang Elektronik Video :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls