Cara Membuat Mikroskop Sederhana

Cara Membuat Mikroskop Sederhana - Istilah mikroskop berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata micron yang berarti kecil dan scopos yang berarti tujuan. Sehingga mikroskop diartikan sebagai alat yang dipergunakan untuk melihat obyek yang sangat kecil yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang dalam jarak yang dekat. Sedangkan ilmu yang mempelajari benda kecil dengan menggunakan alat ini disebut mikroskopi, dan kata mikroskopik berarti benda yang sangat kecil yang tidak terlihat oleh mata telanjang.

Berikut ini contoh gambar cara kerja mikroskop cahaya sederhana yang bisa kita buat sendiri di rumah. Lensa mikroskop yang digunakan bisa berupa lensa kaca, mika, atau plastik.


Cara Membuat Mikroskop Sederhana - Objek yang akan diamati kita letakkan di atas kaca datar di antara lensa objektif dan lensa kondenser. Objek yang diamati akan tersinari oleh sumber cahaya yang berasal dari lampu di bawahnya. Fungsi dari lampu atau penyinaran tersebut adalah untuk mendapatkan tampilan atau hasil perbesaran lebih jelas.

Untuk lebih jelasnya tentang pembuatan mikroskop sederhana ini terlebih dahulu harus dipelajari tentang teori pembentukan bayangan pada mikroskop. Anda bisa memperhatikan gambar di bawah ini:

Membuat Mikroskop Sederhana - Objek yang akan diamati terletak di depan lensa objektif di antara titik Fob dan 2Fob. Bayangan yang dibentuk oleh lensa objektif adalah I1 yang terbentuk di belakang lensa objektif dan di depan lensa okuler. Sifat bayangan yang terbentuk ini nyata, terbalik, dan diperbesar.

Kajian teori mikroskop ini - Selanjutnya bayangan I1 yang terbentuk akan menjadi benda bagi lensa okuler dan diatur agar terletak di depan lensa okuler antara pusat optik O dan titik fokus okuler Fok. Di sini lensa okuler berfungsi sebagai lup dan akan menghasilkan bayangan akhir I2 di depan lensa okuler. Bayangan akhir I2 yang terbentuk ini bersifat maya, diperbesar, dan terbalik terhadap objek aslinya.

Mikroskop Digital 800x + Vertical Stand
Mikroskop Mini 60 X Dengan 3 Lampu Led
Mikroskop Digital USB 1000x
Pencarian: Pengertian mikroskop, mikroskop dan fungsinya, sejarah mikroskop, cara kerja mikroskop

Terkait tentang Teknologi :

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls