Belajar Membuat Robot bagi Pemula

Belajar membuat robot untuk pemula - Meskipun robot ini belum memakai prosesor sebagai pengendalinya, robot ini masih bisa bergerak dengan rangkaian sederhana seperti ini tanpa menabrak penghalang di depannya. Lucu banget deh saat melihat robot ini berjalan. Wuihh... Seruuu...!!! Coba nanti lihat videonya (Nunggu upload dulu ya).
Mudah Merakit Robot bagi Pemula - Oya sobat, Robot infra merah ini juga biasa disebut robot dengan sensor jarak atau halangan. Itu karena robot ini berjalan dengan mendeteksi penghalang yang ada di depannya. Saat ada penghalang maka robot ini akan berbelok atau mundur ke belakang. Mengapa?! Karena rangkaian sensor infra merah di dalamnya difungsikan untuk mengubah arah putaran roda robot sederhana tersebut.

Pada robot ini terdapat dua bagian utama dalam rangkaian elektroniknya. Bagian pertama rangkaian pemancar (Transmitter) dan bagian kedua penerima (Receiver) Infra Merah.

Cara Praktis buat Robot untuk Pemula - Bagian transmitternya sendiri terdiri dari rangkaian frekwensi pembawa U1(carrier) dan rangkaian frekwensi modulasi U2. Yang saya border hijau adalah bagian oscillator frekwensi audio 5Khz sebagai sinyal modulasi. Yang border merah adalah rangkaian oscillator sinyal pembawa/carrier 38Khz


Infra Red Transmitter
Rangkaian receiver
Untuk rangkaian penerima/receivernya buat 2 buah rangkaian receivernya (border coklat) untuk kanan dan kiri.

Ceritanya begini lho sobat…,
Saat saya membuat rangkaian sensor infra merah dengan rangkaian yang lama ternyata banyak sekali gangguannya. Fungsi rangkain mudah terganggu dengan cahaya matahari, terutama dengan intensitas kuat. Akhirnya rangkaian tidak bisa bekerja dengan normal seperti yang saya inginkan.

Nah, itulah fungsinya perpaduan sinyal 38Khz dan 5Khz di sini. Dengan menggunakan metode modulasi frekwensi seperti itu maka gangguan dari pengaruh cahaya luar bisa dihindari. Meskipun rangkaian ini masih bisa terganggu dengan sinyal remote Infra Merah yang bekerja di 38Khz.

Satu hal lagi, di pasaran elektronik Indonesia khususnya dan di dunia pada umumnya.. (hehe… )modul penerima Infra Merah yang paling mudah dicari adalah yang menggunakan 38Khz sebagai frekwensi kerjanya. Jadi kita sendiri yang harus menyesuaikan rangkaian yang kita buat dengan frekwensi tersebut. Mudah kok! Tinggal menghitung harga resonansi IC NE555 saja
Pada rangkaian ini frekwensi 38Khz diatur dengan tunning Variabel Resistor (VR) 10K. Di sini saya memakai model Trimmer Potensio (Trimpot).

Makalah Membuat Robot Sederhana - Sobat harus hati-hati saat memasang antara modul sensor dengan LED Infra merahnya. Atur posisi keduanya sedemikian rupa agar cahaya yang diterima oleh modul sensornya bagus. Saya membungkus LED infra merah dengan pipa logam kecil agar cahaya LEDnya bisa terarah. Karena modulnya sendiri memang kita seting hanya boleh menerima sinyal Infra merah dari hasil pantulan objek di depannya. Kalau tidak gitu ya namanya bukan sensor jarak dong...

Relay… Di sini saya pakai model mini relay double Switch 9V (Apalagi tuh!? Kayaknya ga pernah denger deh..??!). Emang saya kasih nama sendiri kok...! Hehe.., Habis yang jual aja ga tahu tu namanya relay apaan. Lhoh… Tu…!!!

Praktek membuat Robot Sendiri - Lebih baik pakai relay yang dobel saklar sobat, karena kita tidak perlu pusing membuat tegangan simetris buat suplai catudaya rangkaiannya sobat. Karena di sini kita punya 2 pilihan. Memakai relay saklar tunggal tapi harus merubah rangkaian catudaya atau memakai relay dobel saklar tanpa merubah rangkaian. Pilih mana? Kalau saya sih pilih yang kedua-duanya.. Hehe.. (Yang kedua maksudnya!) Tapi memang sebagian tempat agak susah juga mencari relay yang kedua itu lho.. apalagi yang mini.. Kayak tempat saya nih, agak susah, tapi Alhamdulillah ketemu juga.

Oke! Sampai di sini dulu ya sobat..
Semoga bermanfaat, Salam hangat saya.

Koleksi robot laba-laba
http://tokoone.com/diy-spider-robot/?affid=6206
Lanjutan:
Pencarian Google:
Belajar membuat robot untuk pemula | Mudah Merakit Robot bagi Pemula | Cara Praktis buat Robot untuk Pemula | Cara merakit robot sederhana | Praktek membuat Robot Sendiri | Makalah rangkaian robot sederhana | Rangkaian robot sederhana terbaru

Terkait tentang Pengetahuan :

3 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls