Dampak Perkembangan Teknologi

Dampak perkembangan teknologi - Informasi bagi kehidupan manusia tidak akan lepas dari sentuhan perkembangan teknologi. Begitu mudahnya kita temukan sentuhan teknologi di dalamnya. Mulai dari internet, komputer, televisi, radio, handphone, dan peralatan komunikasi yang lain merupakan hasil dari perkembangan teknologi manusia.

Kita patut bersyukur dengan semua ini. Jika dahulu kita menggunakan kentongan untuk memberikan informasi, menerbangkan merpati untuk berkirim informasi, dan harus menempuh perjalanan jauh untuk bersosialisasi, maka pada zaman ini kita tidak perlu bersusah payah seperti itu lagi.

Dampak perkembangan teknologi - Komunikasi bagi manusia begitu mudahnya karena perkembangan teknologi. Kentongan dan merpati telah tergantikan dengan adanya handphone dan televisi. Internet dengan jaringan 3G-nya talah menggantikan perjalanan jauh yang harus kita tempuh untuk bersosialisasi. Sungguh teknologi begitu berarti.

Itu hanyalah gambaran sebagaian kecil peran teknologi dalam menggantikan atau mempermudah aktifitas manusia. Masih banyak sentuhan teknologi yang kita manfaatkan. Bahkan di zaman ini nyaris tidak ada jarak satu centi pun kita jauh dari hasil perkembangan teknologi.

Dampak perkembangan teknologi – Iptek bagi manusia perkembangannya begitu bermanfaat. Akan tetapi di sisi lain perkembangan teknologi itu juga menimbulkan dampak buruk yang tidak kalah berarti. Semua kemudahan yang diberikan tidak lantas bisa dimanfaatkan oleh semua manusia untuk kebaikan. Tidak sedikit hal itu malah membuat manusia menjadi tidak produktif, pemalas, dan kehilangan potensi dirinya. Mereka ini tidak menjadikan nikmat perkembangan teknologi sebagai sesuatu yang harus diberdayakan. Yaitu untuk kemanfaatan semuanya, bukan pribadinya sendiri. Mereka ini malah menjadikan nikmat kemudahan teknologi sebagai objek eksploitasi nafsu mereka sendiri. Entah nafsu perut, seksual, kedudukan, maupun ketamakan mereka akan harta.

Sepantasnya kita harus instrospeksi diri. Harus kita apakan semua kenikmatan perkembangan teknologi ini. Tentunya kita tahu, seharusnyalah semua itu untuk saling berbagi. Semoga yang "sekecil" ini -Makalah dampak perkembangan teknologi- menjadi informasi yang bermanfaat. Karena sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak bermanfaat bagi orang lain. Dengan begitu kita akan terhindar dari dampak buruk perkembangan teknologi.

Terkait tentang Teknologi :

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls