Beternak burung Lovebird

Mengenal burung Lovebird
Salah satu jenis burung yang cantik dan lucu adalah burung Lovebird, hampir mirip dengan burung parkit. Loverbird sendiri adalah burung berasal dari genus Agapornis, dari bahasa Yunani yang berarti burung cinta. Burung Lovebird selain memiliki suara yang ngeroll dan panjang juga memiliki warna bulu yang sangat indah dan cantik. Selain suaranya, warna dan keindahan bulunya sangat menentukan harga burung Lovebird tersebut. Salah satu jenis Lovebird dengan warna bulu yang paling indah adalah Lovebird Lutino. Lovebird Lutino memiliki ciri-ciri mata yang berwarna merah dengan kacamata dan warna bulunya hanya merah dan kuning saja.

Beberapa jenis Burung Lovebird diantaranya:
- Black-Masked Lovebird (Agapornis personata)
- Abyssinian atau Black-winged Lovebird (Agapornis taranta)
- Fischer's Lovebird (Agapornis fischeri)
- Black-cheeked Lovebird (Agapornis nigrigenis)
- Lilian's Lovebird (Agapornis lilianae)
- Red-Headed Lovebird (Agapornis pullarius)
- Black-collared Lovebird (Agapornis swindernianus)
- Rosy-faced Lovebird (Agapornis roseicollis)
- Grey-headed Lovebird (Agapornis canus)
- Yellow-collared Lovebird (Agapornis personatus)

Membedakan lovebird jantan-betina
Untuk membedakan jenis kelamin Lovebird bisa dilakukan dengan meraba kedua capit udang yang terletak dibawah duburnya. Jika keras, rapat dan lancip, biasanya jantan. Sedangkan untuk burung Lovebird betina lembek, lebar dan tumpul.

Membuat kandang lovebird
Karena Lovebird merupakan burung pengerat yang memiliki paruh yang cukup tajam, jika Anda akan membuat kandang sendiri usahakan dari bahan besi atau kawat ram sebagai sisi kandang. Anda bisa membuat kandang untuk lovebird secara berpasangan atau berkelompok seperti kandang burung parkit.

Untuk membuat kandang secara berpasangan buatlah dengan ukuran 50x50x70cm. Untuk kandang berkelompok sebagai acuan setiap pasang lovebird membutuhkan sekitar 0,15 meter kubic (sekitar 20x20x40cm). Atau sebagai perkiraan, kandang dengan 2x1x1,5 meter bisa menampung sekitar 7 pasang burung lovebird.

Pencarian:


Terkait tentang Fauna :

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls