Membuat aplikasi Android sendiri bag-1

Tutorial | Cara membuat aplikasi sederhana untuk Android
Panduan dari PC Plus Edisi 315, 27 Desember 2011
Cara membuat aplikasi android
Cara membuat aplikasi android
Salah satu keunggulan dari platform Android dibandingkan dengan iOS lain adalah Platform Android ini berbasis open source, sehingga membuatnya lebih mudah dirubah, atau ditambah dengan aplikasi buatan kita sendiri. Selain itu karena berbasis open source juga, kita bisa menyebarkan aplikasi untuk Android dengan bebas (tetap patuhi aturan yang berlaku).

Kita bisa mengatur, membuat, mengembangkan aplikasi Android kita sendiri dengan menggunakan PC selama kita memiliki perangkat lunak yang tepat. Bahkan bisa testing dahulu dengan test drive emulator Android sehingga kita dengan mudah mengetahui kinerja aplikasi yang kita buat pada smartphone android nantinya.

Sebenarnya di sini ada dua cara yang bisa kita gunakan untuk membuat aplikasi Android dengan PC. Yang pertama menggunakan Software Android Development Kit (SDK). Software ini memungkinkan kita menulis kode-kode program yang akan diaplikasikan ke Android. Cara membuat aplikasi Android yang kedua yaitu dengan App Inventor, Google Labs Tool. Tetapi kali ini kita cukup dengan cara yang pertama dahulu.

Dengan cara yang pertama ini akan lebih mudah karena kita bisa "drag and drop". Kita akan lebih mudah pula dalam mengatur tampilan dan program dari aplikasi Android yang kita buat. Selain itu akan sangat membantu bagi kita yang awam sekali dengan kode-kode program untuk bisa membuat Aplikasi Android sendiri. Meskipun cara ini tidak dianjurkan bagi kalangan developer/pengembang resmi.

Aplikasi Android yang dibuat nantinya ditulis dalam kode Java, sehingga kita harus menginstal aplikasi pendukung Java pada PC kita. Dan juga untuk mengetes kode-kode yang kita masukkan, kita memerlukan Integrated Development Environment (IDE).
Membuat aplikasi android sendiri
Membuat aplikasi android sendiri
Kita juga juga harus memastikan terlebih dahulu bahwa PC kita telah support SDK Android. Caranya yaitu dengan menginstal Java Development Kit ke PC kita. Kemudian kita instal juga Eclipse IDE untuk apikasi Java. Fungsi dari Eclipse sendiri salah satunya untuk memudahkan kita men-download SDK Android.


Pastikan semua aplikasi dan driver pendukung telah tersedia. Kita bisa mendownload dan menginstalnya secara online di internet. Setelah semua software/aplikasi pendukung telah terinstal, maka berikutnya kita akan belajar membuat program sederhana untuk Android.

Sekarang kita coba membuat aplikasi sederhana Android dengan kode-kode teks berikut:

package com.example.helloandroid;

import android.app.Activity;
import android.os.Bundle;

public class HelloAndroid extends Activity {
/** Called when the activity is first created. */
@Override
public void onCreate(BundlesavedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.main);
}
}


Atau kita bisa dengan mencoba kode berikut:

Paket com.example.helloandroid;impor android.app.Activity;impor android.os.Bundle;mengimpor android.widget.TextView;HelloAndroid kelas publik meluas Aktivitas {/ ** Disebut ketika aktivitas tersebut pertama kali diciptakan. * /@ Overridepublic void OnCreate (BundlesavedInstanceState) {super.onCreate (savedInstanceState);TextView tv = new TextView (ini);tv.setText ("My First Android App");setContentView (tv);}}

Setelah kita selesai menuliskan kode diatas, Kita coba menjalankannya di emulator dengan mengikuti langkah berikut:

1. Terlebih dahulu simpan kode yang telah kita tuliskan tadi.
2.  Pada Aplikasi Eclipse, pilih 'Run > Run > Android application'. Emulator akan menjalankan kode program yang telah kita tulis tersebut. Tetapi sebelum dijalankan biasanya Eclipse akan booting beberapa saat untuk mulai menjalankan program tersebut, jadi bersabarlah. Setelah boot selesai, aplikasi kita akan berjalan secara otomatis dan kita akan melihat judul bar abu-abu dengan nama aplikasi kita di dalamnya.
Emulator aplikasi android
Emulator aplikasi android

3. Tekan 'Home' tombol di emulator untuk kembali ke layar awal Android. Klik tombol 'Applications' untuk melihat daftar aplikasi yang tersedia. Di antara ini Anda akan melihat 'Hello, Android'. Pilih ini untuk memulai aplikasi Anda lagi.

4. Pilih lihat ke ponsel Android kita, pilih 'Menu' dari layar awal, lalu pilih 'Development' dan aktifkan koneksi USB anda agar Android kita bisa terhubung ke PC melalui USB.
5. Untuk mengistal aplikasi buatan kita pada ponsel, kita harus klik Run > Run > Android application in Eclipse. Pilih ponsel Android kita dari daftar pilihan untuk menginstal dan menjalankan aplikasi Android yang kita telah buat.

Sekarang kita sudah bisa membuat dan menjalankan aplikasi yang sangat dasar dari kode baku java pada sebuah emulator dan pada perangkat Android. Kita bisa mulai mengembangkannya sendiri. Sehingga akan membuat kita lebih banyak pengalaman tentang membuat program Java.
Demikian Cara Membuat aplikasi Android Sederhana. Semoga bermanfaat.

http://tokoone.com/game-untuk-android/?affid=6206

Download juga ebook pdf tentang Dasar pemrograman android dan Pemrograman aplikasi android

Baca juga:
Membuat Rangkaian Sensor Cahaya (LDR)Skema
Skema Rangkaian Robot Sensor Infra Merah

Pencarian:

Terkait tentang Multimedia Perkakas Software Teknologi :

5 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls