Multimeter (AVO Meter)

        Sebagai peralatan ukur, Multimeter, Multitester atau yang biasa juga disebut dengan AVO Meter ini sangatlah penting sekali dalam dunia elektronika. Sebagai alat ukur yang multifungsi, Multimeter dapat digunakan untuk pengukuran tegangan, hambatan, dan arus listrik. Serta juga penting dalam pengukuran maupun pengecekan komponen elektronik, terutama komponen-komponen dasar.

      Ada 2 jenis Multimeter ditinjau dari cara penunjukan skala/ukurannya. kedua adalah jenis analog (penunjuk jarum). Sistim kerjanya menggunakan jarum sebagai penunjuk hasil pengukurannya. Sehingga membutuhkan ketelitian dalam membaca hasil pengukurannya. Meskipun tergolong manual terkadang bagi para penggunanya ia lebih disukai karena memberikan kesan kemantapan dalam penunjukan hasil pengukuran (lebih atraktif).
Multimeter Manual
         Yang kedua, jenis Multimeter digital. Multimeter ini menggunakan sistim digital dalam pengukuran serta tampilan peraganya. Tampilan hasil pengukuran berupa display yang langsung menunjukkan angka desimalnya. Multimeter jenis ini lebih praktis dalam pembacaannya, karena kita tinggal melihat nilai yang ditampilkan ditampilkannya. Dalam hal kepresisian pengukuran, multimeter digital ini lebih bisa diandalkan dari pada yang jenis analog.
Multimeter Digital
            Baik yang digital maupun analog, dalam penggunaannya sama-sama tidak lepas dari knop range selector. Knop tersebut pada dasarnya merupakan saklar putar yang berfungsi untuk mengganti mode pengukuran dan besar daerah pengukuran Multimeter.

            Sebagai pengganti mode pengukuran, dengan cara memutarnya pada daerah mode pengukuran. Misalnya mode Voltmeter, Ohm-meter, atau Amperemeter. Ada fasilitas tambahan lain yang diberikan oleh multimeter. Sudah banyak sekali di pasaran Multimeter yang bisa digunakan untuk pengukuran komponen aktif transistor. Yang biasanya fasilitas ini hanya dimiliki oleh Multimeter analog saja.

Lihat juga video pengujian rangkaian sensor infra merah

Semoga bermanfaat, Trimakasih


Terkait tentang Elektronik :

1 komentar:

adie said...

Terimakasih, meskipun ringan tapi bermanfaat.
Pas ni ane lagi cari. tq

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls