Belajar membuat grafik di Excel

Belajar membuat grafik di Excel - Membuat Grafik batang di Excel
Ms. Excel adalah salah satu aplikasi yang sering kita gunakan, terutama dalam pengolahan data angka. Hampir semua urusan administrasi, keuangan, atau akuntansi pasti tidak lepas dari aplikasi ini. Selain sebagai pengolah angka yang menyajikannya dalam bentuk table, aplikasi ini juga bisa menyajikannya dalam bentuk grafik.

Kali ini akan kita bahas tentang belajar membuat grafik di Excel. Penyajian grafik ini tentunya berdasarkan data awal yang telah kita sediakan. Berikut langkah-langkah untuk membuat grafik excel seperti penjelasan dan gambar di bawah ini.

> Siapkan data yang akan diolah menjadi chart atau grafik.
> Tandai dahulu data yang ingin kita buat menjadi grafik. Untuk data “tahun” tidak ditandai dahulu karena bukan termasuk data untuk digrafikkan (hanya sebagai keterangan dalam gambar grafik). Tetapi akan dimasukkan setelah grafik selesai dibuat.


> Pilih Insert (1), lalu Column (2), lalu Pilih jenis grafik (3)

 


> Setelah grafik berhasil dibuat, masukkan data “tahun” dengan cara berikut ini:
- Klik kanan pada daerah yang akan dimasukkan data “tahun”, misalnya pada angka 8 dibawah ini (1), Kemudian pilih Select data (2)


- Kemudian Klik Edit

 

- Akan muncul jendela Axis Labels seperti gambar di bawah ini.


- Tandai kolom “tahun” sebagai pengganti/input tahun untuk label grafik (1), kemudian Klik OK (2)


- Klik OK sekali lagi pada jendela setelahnya.


> Selesai…

> Untuk merubah tampilan atau jenis grafik, misalnya grafik garis, anda bisa merubahnya dengan Klik pada area border grafik (1), kemudian pilih Change Chart Type (2)


> Pilih grafik garis/Line (1), kemudian pilih jenis tampilan grafik garis (2), lalu Klik OK

 

> Grafik batang berhasil diganti menjadi grafik garis.


> Selesai…

Demikian tentang Belajar membuat grafik di Excel - Membuat Grafik batang di Excel. Sangat ringkas, sederhana, dan mudah bukan?! Semoga bermanfaat untuk anda.

Pencarian:
Cara membuat grafik batang | Cara membuat grafik di excel 2007 | Cara membuat grafik di excel 2003 | Membuat grafik di excel 2010 | Tutorial membuat grafik di excel | Belajar membuat grafik di excel

Terkait tentang Komputer Pengetahuan Software :

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls