Jenis-jenis pakan Ternak Kelinci

Pakan ternak kelinci
Cara beternak Kelinci | Jenis-jenis pakan Ternak Kelinci

1. Rumput
Rumput adalah makanan utama beternak kelinci dan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan serat bagi kelinci. Tercukupinya serat akan mencegah terjadinya penyumbatan di saluran cerna. Selain itu rumput juga baik untuk pertumbuhan gigi kelinci karena  harus dikunyah.
Gigi kelinci akan tumbuh secara terus menerus, aktifitas mengunyah akan menjaga gigi kelinci tetap tajam sehingga pertumbuhan giginya tidak terlalu cepat. Pertumbuhan gigi kelinci yang terlalu cepat akan membuat kelinci merasa tidak nyaman saat makan, bahkan terkadang sampai menimbulkan luka dan infeksi di rongga mulut.

1.Sayuran (hijau-hijauan)
sayuran atau hijau merupakan salah satu jenis pakan ternak yang sehat untuk kelinci ternak dan peliharaan. Tetapi untuk beberapa jenis sayuran bisa membuat kotoran kelinci lembek bahkan sampai membuat kelinci kita diare. Berikan jenis sayuran yang baru dalam jumlah sedikit dan menambahkannya jika tidak terjadi apapun pada kelinci.

Jenis-jenis sayuran yang baik diberikan pada kelinci ternak dan peliharaan antara lain; Wortel dan daunnya, Daun bit, Brokoli, Daun lobak, Daun kubis, Daun kacang-kacangan (kedelai, kacang merah, kacang tanah, kacang panjang), Daun jagung dan daun pembungkus jagung, Daun ubi jalar dan umbinya, Kangkung.

3. Buah-buahan
Buah-buahan adalah makanan sampingan baik untuk memelihara kelinci. Buah-buahan mengandung serat tinggi yang sangat baik, dan sebagai makanan kelinci sebaiknya diberikan dalam potongan-potongan kecil untuk  makanan tambahan. Buah sebagai makanan sampingan kelinci bisa berupa buah - buahan (segar maupun kering), wortel, ubi jalar, atau umbi-umbian lainnya.


Sebelumnya: Jenis-jenis Kelinci Ternak dan Peliharaan

Pencarian:
Cara beternak Kelinci | Jenis-jenis pakan Ternak Kelinci

Terkait tentang Fauna Pengetahuan :

1 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls