Cara mencegah Pencurian Identitas

  1. Menjaga data pribadi Anda baik secara online maupun offline.
    • Pastikan setiap berkas apapun yang anda buang telah aman. Bisa anda sobek-sobek dahulu atau dengan menyamarkan isinya.
    • Guna melindungi diri, pertimbangkan untuk menyobek dokumen yang berisi informasi pribadi seperti laporan rekening, mengunci kotak pesan, dan mengosongkan dompet dari segala berkas yang tidak penting dibawa.
     
  2. Abaikan email atau panggilan telepon yang meminta informasi rekening Anda. Karena penipu bisa menggunakan cara-cara di bawah ini:
    • Email phising. Email phishing (email palsu) adalah email yang dibuat agar terlihat seperti dikirim dari perusahaan resmi, namun sebenarnya dari pencuri identitas. Biasanya email tersebut berisi peringatan bahwa rekening Anda bermasalah atau persoalan darurat lainnya untuk menipu Anda agar mengklik situs web spoof atau menghubungi nomor layanan pelanggan palsu.
    • Situs web spoof. Situs web palsu ditujukan untuk meniru situs web dari perusahaan ternama. Situs web ini akan meminta Anda memasukkan nama pengguna dan sandi atau informasi account lainnya. Jika hal ini dilakukan, berarti Anda telah memberikan informasi kepada seseorang yang mungkin akan menggunakan data tersebut untuk merugikan Anda.
    • Panggilan Telepon. Anda harus berhati-hati terhadap panggilan telepon yang menyatakan dari pusat layanan pelanggan dan meminta Anda memberikan informasi penting pribadi. Tutup panggilan telepon tersebut dan cobalah menghubungi nomor yang tertera di situs web perusahaan resmi Anda.
     
  3. Melindungi akses komputer. Cara perlindungan ini meliputi:
    • Perlindungan terhadap perangkat lunak/software. Sebaiknya gunakan password di akses komputer Anda. Jika menggunakan perangkat lunak, usahakan selalu rutin memperbaruinya/update. Yang terpenting atur konfigurasikan firewall komputer Anda agar penyusup tidak dapat masuk ke jaringan atau komputer Anda.
    • Perlindungan sandi/password. Selalu gunakan password/sandi yang kuat untuk apapun, terutama yang berhubungan dengan informasi penting Anda. Sandi/password yang kuat adalah dengan memadukan huruf besar, kecil, angka, atau bahkan simbol.
     
  4. Selalu waspada.
    • Bertindaklah Cepat. Jika anda merasa ada kejanggalan pada sesuatu hal, terutama pada hal-hal yang sangat privasi (data, informasi, atau yang lain) segera mungkin lakukan tindakan yang diperlukan. Jangan menunda hal itu, karena semakin lama anda menunda kerugian yang ditimbulkan akan semakin besar.
    • Selalu memeriksa account Anda secara rutin. Terutama yang berkaitan dengan masalah keuangan. Pastikan tidak ada transaksi mencurigakan dan kejanggalan di sana. Segera mungkin kroscek dan ambil tindakan saat Anda merasa terjadi kejanggalan.

Terkait tentang Internet :

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls