Electronic Job Boards

Job Board
Job Board/Papan kerja elektronik merupakan alat bantu untuk mengaplikasikan desain rangkaian elektronik dalam bentuk rangkaian elektronik yang nyata secara sederhana. Biasanya masih dalam bentuk uji coba. Sehingga masih bisa diubah-ubah(trial and error) sesuai kebutuhan dan fungsi yang diharapkan.Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil akhir rangkaian yang benar/sudah teruji keberhasilannya.

Dalam pembuatannya tiap lubang Job board dihubungkan dengan konduktor satu dengan yang lain membentuk pola garis lurus. Sedangkan tiap baris terisolasi dengan baris yang lain secara sejajar.

Sebelum menggunakannya kita harus terlebih dahulu memahami sambungan antar titik-titiknya. Ini bisa kita ketahui/pastikan dengan mengecek hubungan tiap-tiap lubangnya menggunakan Multimeter yang diset untuk mengukur hambatan (sebagai Ohm Meter). Cek setiap hubungan lubangnya sampai kita faham dengan pola sambungan konduktor Job Boardnya. Hal ini sangat penting untuk menghindari korslet/hubung singkat pada rangkain kerja kita, yang bisa menyebabkan kerusakan komponen atau mungkin terbakarnya rangkaian kita.
Uji coba rangkaian pada Job Board

Dalam penggunaanya Job Board harus disertai dengan jumper/kabel khusus. Kabel tersebut digunakan sebagai penghubung antar titik-titik/lubang yang terhubung dengan kaki-kaki komponen yang kita pasang satu dengan lainnya.Bisa kita buat sendiri menggunakan kabel tembaga tunggal berisolasi. Yang kita potong-potong panjangnya menurut kebutuhan sambungan kita (biasanya bervariasi, 5, 10, dan 15cm).

Harus diperhatikan, diameter kawat kabel harus dipastikan bisa masuk ke lubang Job Board (sekitar 0,3-0,8mm). Usahakan memakai kabel yang tidak terlalu lentur untuk mempermudah memasangnya pada Job Board.

Sekian, dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman semua. Jangan lupa beri komentar, koreksi, saran, dan kritiknya ya.... trimakasih.


Terkait tentang Elektronik :

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls