Prinsip Kerja Alat Vacum Makanan (Bagaimana Cara Menjaga Makanan Tetap Segar dan Awet)

Tentunya setiap orang ingin selalu hidup sehat. Salah satunya adalah dengan menjaga makanan yang kita makan. Utamanya juga dengan menjaga kebersihan makanan tentu akan membuat kita bisa hidup sehat. Untuk itu kita berusaha menyediakan stok makanan di dapur dengan bahan makanan yang tentunya telah kita pilih hanya yang terbaik dan berkualitas. Saat kita mempunyai stok bahan makanan dalam jumlah banyak, tentunya kita harus menyimpannya dengan baik agar dapat bertahan lama sampai stok tersebut habis kita gunakan. Untuk itu kita memerlukan cara yang tepat agar bahan makanan tersebut tetap bertahan dalam waktu yang relatif lama.

Salah satu cara agar bahan makanan bisa awet dan terjaga kualitasnya adalah dengan menyimpan dalam kemasan vacum udara. Dengan menyimpan bahan makanan tanpa udara/vacum makan proses pembusukan akan berjalan lebih lambat. Sehingga kita bisa tetap menggunakan bahan makanan tersebut dalam jangka waktu yang lebih lama meskipun tidak langsung habis terpakai.

Untuk mengawetkan makanan dengan cara vacum udara kita memerlukan alat yang tepat. Kita bisa menyedot atau mengeluarkan udara dari kemasan dengan alat yang bisa kita buat sendiri. Banyak tutorial di internet untuk membuat alat vacum makanan ini. Biasanya dibuat dari misal seperti alat suntik yang telah dimodifikasi atau dengan kop yang bisa kita beli di toko offline maupun online.

Sebelum membuat alat vacum makanan, sebenarnya kita bisa mengemas dengan cara vacum ini dengan peralatan sederhana. Bahkan bisa kita lakukan tanpa alat sekalipun. Yaitu dengan menyiapkan plastik kemasan ziplock yang bisa kita beli di toko plastik atau bahan kue. Ukuran plastik zip lock kita sesuaikan dengan bahan makanan yang akan kita simpan.
Contoh plastik ziplock
Langkah-langkah mem-vacum makanan dengan plastik ziplock sebagai berikut:

1. Masukkan bahan makanan yang akan kita kemas pada plastik zip lock yang telah kita siapkan. Letakkan bahan makanan mulai dari dasar plastik dahulu, kita ratakan, dan jangan sampai penuh. Kita sisakan ruang di bagian atas tepat dibawah ziplock-nya

2. Rekatkan ziplock setelah bahan kita masukkan. Sisakan sedikit bagian ziplock di ujung agar tetap terbuka (sebagai jalan keluar udara).

3. Celupkan plastik ziplock yang telah terisi tersebut ke dalam air. Mulai dari bagian dasar plastik hingga sampai ke atas. Sisakan sedikit plastik yang tidak tercelup pada bagian ziplock yang terbuka tadi. Dengan demikian udara akan terpompa keluar melalui lubang ziplock dengan sendirinya saat kita celupkan tadi.

4. Pijit-pijit/tekan berulang kali pada bagian plastik yang tercelup air untuk membantu udara keluar dengan baik. Segera tutup sisa bagian ziplock setelah yakin udara keluar semua.

Bagi sebagian orang cara ini cukup praktis dan membantu. Karena bisa kita lakukan tanpa alat khusus dan bahan bisa dengan mudah kita dapatkan di sekitar kita. Hemat, praktis, dan sederhana. Tetapi untuk kualitas hasil vacum yang baik kita mungkin harus menggunakan alat khusus.

Untuk pengerjaan pengemasan makanan dengan vacuum dalam jumlah banyak atau komersial kita wajib menggunakan alat khusus. Kita bisa membuat sendiri alat vacum makanan tersebut dengan tutorial yang kita dapatkan dari internet. Tentunya memerlukan bahan dan alat khusus untuk membuatnya. Meskipun kita bisa membuatnya sendiri, semua tergantung kreatifitas kita dan bahan yang kita gunakan.

Jika kita tidak ingin pusing dengan itu semua, maka membeli alat vakum sealer yang siap pakai menjadi solusi yang terbaik. Kita bisa membelinya di toko peralatan masak, teknik, atau toko mesin di sekitar kitaang biasanya menjual alat vacum tersebut. Jika kesulitan kita bisa membeli via online shop. Cukup mudah, tinggal klik beli, isi alamat, lalu bayar, tinggal kita tunggu barang sampai ke alamat kita :)

Perlu alat vacum sealer? beli online di sini saja:
JUAL ALAT VACUM SEALER dan PLASTIK VACUM

Terkait tentang Pengetahuan Tepat Guna :

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls